PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN

  • neri beama UKAW,NTT
  • Paulus Tnunay Universitas kristen artha Wacana
  • Theodora S.N Manu Universitas kristen artha Wacana
Keywords: PENGEMBANGAN, BOOKLET, PENDEKATAN SAINTIFIK, INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan kendala yang dihadapi yakni desain pembelajaran yang kurang menarik, sehingga siswa menjadi jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa booklet berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan yang layak digunakam dakam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Assure, model ini terdiri dari kina langkah yaitu (a) Analisis siswa (b) Merumuskan tujuan pembelajaran khusus, (c) Memilih media atau paket pembelajaran, (d) Memanfaatkan materi pembelajaran (e) Meminta Respon siswa. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknkk analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian uji vakidasi ahli materi diperoleh 87,5%, Uji ahki desain diperoleh 94,56%, uji ahli media diperoleh 94, 64%, uji kelompok kecil diperoleh 90,51% dan uji kelompok besar diperoleh 90,91%. Sesuai dengan hasil penelitian, jumlah keseluruhan hasi persentase adakah 91,62% dengan kualifikasisangat baik. Persentase penwlitian menunjukan adanya respon positif. Dengan demikian disimpulkan bahwa booklet berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 20 Kota Kulang

Downloads

Download data is not yet available.
CROSSMARK
Published
2020-10-19
DIMENSIONS
How to Cite
beama, neri, Tnunay, P., & Manu, T. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN. Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan Dan Sains Biologi, 2(3), 132-140. https://doi.org/10.33323/indigenous.v2i3.55